Pada tanggal 26-29 agustus 2024, empat program studi S1 yang ada di FEB melakukan visitasi FIBAA secara online. Keempat program studi tersebut adalah S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan dan S1 Pendidikan Ekonomi. FIBAA adalah singkatan dari Foundation for International Business Administration Accreditation. FIBAA didirikan pada tahun 1994. FIBAA juga merupakan lembaga  akreditasi yang berfokus pada bidang bisnis, ekonomi, manajemen, hukum, dan ilmu-ilmu sosial. Sebelumnya, Ada beberapa program studi di UNP yang telah dahulu mendapatkan akredetasi FIBAA ini. Akredetasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan transparansi dalam Pendidikan. 

Visitasi FIBAA dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Visitasi tersebut berlangsung selama empat hari. Hari pertama tanggal 26 agustus adalah khusus wawancara untuk para pimpinan yang terdiri dari pimpinan Universitas yang diwakilkan oleh Wakil Rektor 1 yaitu Bapak Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt. Selanjutnya untuk pimpinan fakultas di hadiri langsung oleh dekan FEB yaitu Prof Perengki Susanto Ph.D dan seterusnya untuk pimpinan dari masing masing program studi yang mengikuti akredetasi internasional tersebut yaitu Dr. Eka Fauzi Hardani. SE. M.Si.Ak (Kepala Program Studi S1 Akuntansi), Dr Novya Zulfa Riani SE, M.Si (Kepala Program STudi Ekonomi Pembangunan), Dr. Syahrizal, SE, M.Si (Kepala Program Studi Manajemen), dan Dr. Friyatmi, S.Pd, M.Pd (Kepala Program Studi Pendidikan Ekonomi). Kepada pada pimpinan asesor dari FIBAA lebih banyak mempertanyakan bagaimana program studi melakukan internasionalisasi terhadap kurikulum dan program kelas internasional yang sudah ada di masing masing PS.

Hari kedua adalah wawarncara  khusus kepada dosen dari masing masing program studi.  Untuk Program Studi Akuntansi diwakilkan oleh Sany Dwita, SE, MSi, PhD, Ak CA dan Vita Fitria Sari, SE, MSi, Ak . Sedangkan perwakilan dosen dari Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah Efni Cerya, S.Pd., M.Pd.E. dan Rani Sofya, S.Pd., M.Pd. Untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah Dr. Alpon Satrianto, SE, ME. Dan Ariusni, SE. M.Si. Sedangkan dosen dari Program Studi manajemen adalah Vidya Rini Dwita, SE, MM., Ph.D. dan Dina Patrisia, SE, M.Si., Ph.D. Kepada dosen, tim asesor FIBAA juga bertanya mengenai bagaimana proses belajar mengajar di masing masing program studi dan lebih banyak mempertanyakan mengenai internasionalisasi dalam proses mengajar yang dilakukan oleh dosen di masing masing program studi.

Hari ketiga merupakan hari terakhir proses wawancara. Pihak yang di wawancarai adalah mahasiswa, alumni dan tenaga kependidikan di masing masing program studi. Kepada mahasiswa, tim asesor lebih mempertanyakan kekonsistenan jawaban yang diberikan oleh dosen dalam proses belajar mengajar. Sedangkan untuk alumni tim asesor lebih banyak mempertanyakan mengenai kesesuaian jenjang karir dan kebergunaan MK yang telah dipelajari oleh alumni semasa kuliah. Yang terakhir adalah sesi kepada tenaga kependidikan yang lebih banyak mendapatkan pertanyaan mengenai keuangan, dan pelayanan terhadap mahasiswa.

Hari terakhir , kamis 29 agustus dijadwalkan hasil keputusan tim asesor FIBAA terhadap keempat program studi, apakah keempat program studi tersebut layak untuk mendapatkan akredetasi internasional FIBAA.  Ada beberapa poin yang diumumkan oleh tim asesor FIBAA yaitu tim asesor setuju untuk memberikan dan meluluskan ke 4 Prodi untuk akreditasi FIBAA. Selain itu tim asesor juga memuji kerjasama dan transparansi oleh keempat program studi dan juga memberikan pujian terhadap para interviewee yang menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

Harapannya dengan mendapatkan akredetasi internasional FIBAA, FEB UNP terutama keempat program studi yaitu akuntansi, manajemen, ekonomi Pembangunan dan Pendidikan ekonomi selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan Pendidikan kedepannya.

Scroll to Top